Harga Tiket KRL Terbaru Juni 2013


Harga Tiket KRL Terbaru - Perjalanan para penumpang KRL Jabodetabek akan memiliki harga yang berbeda-beda tergantung  dari jarak tempuh penumpang itu sendiri. Perhitungan tarif progresif yang sudah di berlakukan pada 1 Juni 2013 oleh PT KAI Commuter Jabodetabek. Jadi tarif KRL baru untuk penumpang akan memiliki tarif berbeda dalam setiap tujuan.

Tri Handoyo yang sebagai Direktur Utama PT KCJ, mengatakan tarif baru KRL tersebut akan di berlakukan bersamaan dengan penggunaan tiket elektronik. "Dengan tarif baru ini, sebagian besar harga tiket perjalanan KRL Commuter Line akan turun," ujar Tri dalam jumpa pers di Jakarta Railway Center, Juanda, Jakarta Pusat, Kamis, 23 Mei 2013.


Dalam perhitungan tarif progresif, biaya perjalanan disesuaikan dengan jumlah stasiun yang dilewati. Perjalanan di lima stasiun pertama dikenakan biaya Rp 3.000, setelah itu perjalanan di tiga stasiun berikutnya dihitung Rp 1.000.

Harga tiket KRL baru untuk perjalanan dekat dan sedang memang menjadi lebih murah. Misalnya, harga tiket kereta dari Stasiun Bogor ke Stasiun Depok Baru yang melewati lima stasiun menjadi Rp 3.000. Padahal, dalam perhitungan tarif lama, perjalanan dari Bogor ke Depok dikenakan harga Rp 8.000. Harga tiket dari Bogor menuju Stasiun Sudirman yang melewati 17 stasiun juga turun menjadi Rp 7.000, dari sebelumnya Rp 9.000.

"Tetapi harga tiket KRL perjalanan terjauh dalam satu rute tidak berubah, maksimal Rp 9.000," kata Tri. Kecuali jika penumpang transit dan berpindah rute. Misalnya dari Bogor ke Serpong. Penumpang dari Bogor harus transit di Tanah Abang dan menyambung kereta jurusan Serpong. Mereka dikenai tiket Rp 10.000 karena melewati 26 stasiun.

Menurut Tri, tarif progresif ini hanya berlaku untuk perjalanan dengan Commuter Line. Sementara perjalanan dengan KRL ekonomi tetap menggunakan tarif lama Rp 2.000 di lintas Bogor dan Rp 1.500 untuk lintas Bekasi.

Sistem tarif progresif yang diakui akan mengurangi pemasukan dari tiket juga akan diperkirakan adanya penambahan pemasukan dari penumpang jarak dekat. "Karena biayanya jauh lebih murah, kami optimistis penumpang jarak dekat bisa bertambah dan mengurangi pemakaian angkutan berbasis jalan," ujar Tri.

PT KCJ optimistis turunnya harga tiket KRL terbaru mampu mendongkrak jumlah penumpang jarak dekat hingga 10 persen dari total penumpang. Saat ini KRL Jabodetabek digunakan oleh sekitar 450.000 penumpang setiap harinya.


Terimakasih sudah membaca artikel mengenai Semoga bisa bermanfaat untuk sobat semua

Judul: Harga Tiket KRL Terbaru Juni 2013
Rating: 100% based on 7959 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Sabo Tase


Related Post



 
 
Copyright © 2013 | View SEO | Belajar SEO dan Tips Blogging Terbaru - Forum Gemscool - Gemscool